Senin, 05 Maret 2018

Penjelasan, Fungsi dan Cara Kerja Bridge

 Assalalmualikum Wr.Wb

A. Pendahuluan
Hay guys. ya kali ini saya akan menjelaskan tentang apa sih itu Bridge? fungsinya buat apa sih? dan bagaimana cara kerjanya?. langsung disimak saja guys

B. Maksud Dan Tujuan
Dengan pemahaman ini bertujuan agar kita lebih memahami tentang Brigde

C. Penjelasan

1.Pengertian Brigde


Bridge atau network bridge yang dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan jembatan jaringan merupakan sebuah komponen jaringan yang banyak dipergunakan untuk memperluas jaringan atau membuat segmen jaringan. Bridge mampu menghubungkan sesama jaringan LAN (Local Area Network) komputer. Selain itu, bridge juga digunakan untuk mengubungkan tipe jaringan komputer yang berbeda seperti Ehernet. Bridge akan memetakan alamat Ethernet dari setiap titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan kemudian menyeleksi dan hanya memperbolehkan perpindahan data yang diperlukan melalui jaringan.
Bridge biasanya menggunakan topologi tree. Artinya, hanya ada sebuah rute untuk berbagai tujuan transmisi atau paket data yang akan dipindahkan. Dara akan menempuh beberapa jalur yang seringkali mengakibatkan keterlambatan transmisi data. Ibaratnya sebuah paket, bridge berguna untuk menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmen sama, maka paket akan ditolak, sementara jika segmen berbeda, maka paket akan diteruskan ke segmen tujuan.
Adapun fungsi dari bridge diantaranya sebagai berikut di bawah ini:

2.Fungsi Brigde

  • Bridge dapat berfungsi menghubungkan 2 buah jaringan komputer LAN yang sejenis, sehingga dapat memiliki satu jaringan LAN yang lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa bridge.
  • Bridge juga dapat menghubungkan beberapa jaringan komputer yang terpisah, baik itu tipe jaringan yang sama maupun yang berbeda.
  • Bridge juga dapat berfungsi sebagai router pada jaringan komputer yang luas, hal seperti ini sering dinamakan dengan istilah “Bridge-Router”. Lalu bridge juga dapat men-copy frame data yaitu dari suatu jaringan yang lain, dengan alasan jaringan itu masih terhubung. Dan masih banyak lagi fungsi lainnya dari bridge.

3.Cara kerja Bridge

Yaitu memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan lalu lintas data yang diperlukan untuk melintasi bridge. Bridge bekerja pada lapisan physical layer dan data link layer.

4.Konsekuensi penggunaan Sistem Bridge :

-Sulit untuk mengatur trafik broadcast (misalnyaakibat virus, dll)
-Permasalahan pada satu segment akan membuat masalah di semua segment pada bridge yang sama
-Sulit untuk membuat fail over system
-Sulit untuk melihat kualitas link pada tiap segment
-Beban trafik pada setiap perangkat yang dilaluiakan berat, karena terjadi akumulasi traffic

Hal hal yang tidak perlu dilakukan saat konfigurasi bridge :

  • Kita tidak harus memasang IP Address padasebuah bridge interface
  • Jika kita menonaktifkan bridge, pada IP Addressyang terpasang pada bridge akan menjadi invalid
  • Kita tidak bisa membuat bridge dengan interfaceyang bukan bertipe ethernet seperti synchronous(serial), IPIP, PPPoE, dll).
  • Namun, bisa kita lakukan bridge pada interfacetersebut dengan membuat EoIP Tunnel terlebihdahulu.
  • EoIP Tunnel dijelaskan lebih detail di bagian yanglain.

D.Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa brigde merupakan jembatan jaringan

Sekian yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar